Terbaru, Galaxy A22 Jadi HP 5G Termurah Samsung 

Terbaru, Galaxy A22 Jadi HP 5G Termurah Samsung 

Metroterkini.com - Setelah beredar bocorannya belum lama ini, Samsung Galaxy A22 series resmi diperkenalkan. Ada dua varian yang dihadirkan, salah satunya menjadi HP 5G termurah Samsung saat ini.

Samsung Galaxy A22 5G membawa layar LCD berukuran 6,6 inch dengan resolusi Full HD+. Kendati masih mengadopsi notch Infinity U Display, layar HP ini sudah mendukung refresh rate 90Hz.

Raksasa asal Korea Selatan ini menyematkan tiga kamera di bagian depan. Komposisinya terdiri dari kamera utama 48 MP bersanding dengan lensa ultra-wide 5 MP, dan depth 2 MP. Untuk kebutuhan selfie diberikan kamera 8 MP.

Samsung tidak mengungkap chip yang dipasang di Galaxy A22 5G ini. Namun informasi dari GSM Arena besar kemungkinan memakai MediaTek Dimensity 700.

Ada tiga opsi RAM yang diberikan, yakni 4 GB, 6 GB dan 8 GB. Sementara memori internalnya tersedia pilihan 64 GB dan 128 GB, keduanya dibekali slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan hingga 1 TB.

Baterai 5.000 mAh terpasang di dalamnya dengan dukungan pengisian cepat 15W. Untuk keamanan diberikan sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol power, dan demi memaksimalkan suara di telinga diberikan fitur Dolby Atmos.

Empat pilihan warna yang diberikan, yaitu Violet, Mint, White dan Gray. Samsung melepas Galaxy A22 5G di sejumlah negara di Eropa dengan harga 230 euro atau kisaran Rp 3,9 juta. Selisih 50 euro dari Galaxy A32 5G yang dijual di Benua Biru seharga 280 euro atau Rp 4,8 juta.

Bila hadir di Indonesia kemungkinan akan lebih murah. Pasalnya Galaxy A32 5G yang belum lama dirilis dibanderol seharga Rp 3,999 juta.

Samsung turut menghadirkan Galaxy A22 versi LTE. Meski secara tampilan mirip, jeroan di dalamnya berbeda.

Panel yang digunakan HP ini misalnya, Samsung mempergunakan Super AMOLED. Ukurannya 6,4 inch dengan resolusi HD+ dan refresh rate 90Hz.

Perbedaan lainnya ada di dapur pacu. HP ini ditenagai chip Helio G80. Samsung hanya memberikan dua opsi, yaitu RAM 4 GB dan 6 GB. Demikian pula memori internalnya, ada 64 GB dan 128 GB.

Empat kamera yang dimiliki Galaxy A22. Kamera utamanya 48 MP yang dilengkapi OIS, bersanding dengan lensa ultra-wide 8 MP, depth 2 MP dan makro 2 MP.

Kesamaan ada pada baterai yang memiliki kapasitas 5.000 mAh dan dilengkapi fast charging 15W. Selain itu sidik jari di tombol power dan fitur Dolby Atmos.

Ada empat pilihan warna yang diberikan, yakni Violet, Mint, White dan Black. Sayangnya Samsung masih belum mengungkap harga Galaxy A22 versi LTE.

Baik Galaxy A22 5G maupun Galaxy A22 bakal segera masuk Indonesia. Pihak Samsung memang belum mengumumkan hal tersebut, tapi setidaknya kedua ponsel ini sudah mendapat restu dari Kemenperin dan Kominfo.

Ponsel berkode SM-A226B (Galaxy A22 5G) dan SM-A225F (Galaxy A22) sudah memenuhi aturan TKDN pada Mei lalu. Dua perangkat yang sama telah pula lolos uji Ditjen SDPPI. Lantaran sudah mengantongi dua sertifikat tersebut, Galaxy A22 5G dan Galaxy A22 sudah diperkenankan untuk meluncur di Tanah Air. Jadi tunggu saja ya kehadiran keduanya. [**]
 

Berita Lainnya

Index